KISTA SARCOMA FILODES


Kista sarcoma philodes adalah fibro adenoma yang tumbuh meliputi seluruh mamae, ada kalanya bertambah besar, hampir tidak tergendong oleh penderita
(Prawirohardjo,sarwono.1997:485).
Ø  Kista sarcoma philodes merupakan suatu neoplasma jinak yang bersifat menyusup sel local dan dapat menjadi ganas 10 % - 15 %.
Ø  Tumor philodes( Cista sarcoma philodes) ialah tumor dengan pola Fibroma adenoma mamae tetapi stromanya yang lebih seluler.
Ø  Kisto sarkoma fillodes mengandung kista –kista besar diantaranya banyak sekali jaringan ikat sehingga terkadang diduga sarkoma, dipermukaan tumor terdapat banyak jaringan (seperti lembaran-lembaran/phylor)
Phylode : menyerupai daun; istilah yang digunakan untuk tumor yang pada pemotongannya memperhatikan lobusi.
Sebuah tipe tumor yang ditemukan di jaringan payudara atau prostat. Biasanya besar sekali dan berkembang dengan cepat. Tumor ini mungkin saja benigna (bukan kanker) atau maligna (kanker) dan bisa menyebar ke bagian lain tubuh. Juga disebut CSP atau tumor filodes.
Sebuah tipe neoplasma jaringan ikat yang timbul dari stroma intralobular payudara. Ditandai dengan pembesaran cepat massa bergerak-keras asmiteris. Secara histologis tampak seperti celah stroma seperti daun yang dibatasi oleh sel-sel epitel.









    ETIOLOGI
Etiologi kistosarkoma fillodes belum diketahui secara pasti, namun beberapa hal yang diduga dapat mempengaruhi terjadinya tumor ini antara lain :
1.        Kontrasepsi hormonal (terutama estrogen)
2.        Pernah mengalami radiasi di daerah dada ( lingkungan )
3.        Adanya keturunan ca mammae (genetik)
4.        Wanita usia 35 – 40 tahun, resiko semakin meningkat pada keadaan :
-        Orang tua ( ibu ) pernah menderita Ca mammae terutama pada usia relatif muda.
-        Anggota keluarga menderita Ca mammae
-        Sebelumnya pernah menderita penyakit tumor / kanker
-        Penderita tumor jinak payudara
-        Kehamilan pertama terjadi sesudah umur 35 tahun.

   CIRI – CIRI KISTA SARKOMA PHILODIS
·           Berbentuk bulat atau lonjong dengan batas yang tegas dan tepat, dapat digerakkan.
·           Konsistensi tumor ini ada yang kistik dan padat seperti karet, tidak melekat pada kulit .
·           Tumor Philodes ini dapat berukuran kecil sekitar 3 – 4 cm dan dapat pula berukuran sangat besar dan membuat payudara menjadi besar ( bengkak).
    TANDA DAN GEJALA
·           Kulit payudara diatas tumor mengkilat.
·           Kulit tegang dan tipis.
·           Kulit payudara memerah.
·           Pembuluh balik yang lebar.
·           Terasa panas.
·           Pembesaran kelenjar regional atau metastasis ( jarang ditemukan ).
·           Tumbuh dengan cepat.

CARA MENGETAHUI KELAINAN PAYUDARA
SADARI (periksa payudara sendiri)
Adalah pemeriksaan payudara yg di lakukan sendiri oleh tiap wanita dengan cara tertentu secara berkala tiap bulan. Sadari dapat membantu menemukan kelainan atau penyakit payudara yang kemudian harus di pastikan oleh dokter. Waktu yang paling tepat untuk melakukan sadari adalah sekitar semiggu setelah hari terakhir menstruasi dengan cara:
©        Berdirilah di depan cermin dan perhatikan apakah ada kelainan pada payudara. Biasanya kedua payudara tidak sama besar, putting tidak terletak pada ketinggian yang sama. Perhatikan apakah terdapat keriput, lekukan atau putting susu tertarik ke dalam. Bila terdapat kelainan itu atau keluar cairan atau darah dari putting susu segeralah pergi ke dokter.
©        Letakkan kedua lengan di atas kepala dan perhatikan kembali kedua payudara. Bungkukkan badan hingga payudara tergantung ke bawah dan periksa lagi.
©        Berbaringlah di tempat tidur dan letakkan tanggan kiri di belakang kepala dan sebuah bantal di bawah bahu kiri. Rabalah payudara kiri dengan telapak dan jari – jari tangan kanan. Periksalah apakah ada benjolan pada payudara. Kemudian periksa juga apakah ada benjolan atau pembengkakan pada ketiak kiri.
©        Periksalah dan rabalah putting susu dan sekitarnya. Pada umumnya kelenjar susu bila diraba dengan telapak jari – jari tangan akan terasa kenyal dan mudah digerakkan. Bila terasa ada benjolan sebesar 1 cm atau lebih, segeralah pergi ke dokter.
©        Lakukan hal yang sama untuk payudara dan ketiak kanan.



      PENANGANAN
*        Eksisi local untuk lesi yang kecil.
*        Biopsi.
*        Masektomi ditambah dengan pengangkatan fasia pektoralis.
*        Radiasi dilakukan pasca bedah.

0 komentar:

Poskan Komentar